RadarURL Karena Kita adalah Mahasiswa ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Senin, 22 Oktober 2012

Karena Kita adalah Mahasiswa


Berbicara tentang “pemuda”, sebenarnya apa itu pemuda?Apa masih ada pemuda yng benar- benar pemuda? Dimana dan seperti apa?
Jika ukurannya adalah seperti yang dilakukan oleh para pemuda yang telah berhasil mencetuskan Sumpah Pemuda, tentunya untuk sekarang adalah kurang tepat. Sebab, sekarang beda zamannya. Sekarang adalah zaman pasca kemerdekaan dan zamannya globalisasi. Lebih tepatnya adalah zaman modern. Sedangkan dulu pada tahun 1928? Ya, itu adalah zaman penjajahan. Yaitu zaman ketika segala sesuatu tak bias seenaknya dilakukan. Menentang? Bisa saja penjara atau bahkan hukuman mati hadiahnya. Sebuah hadiah yang dipersiapkan oleh penjajah untuk pribumi yang menentang. Namun, sangat luar biasanya adalah mencapai kemerdekaan bangsa adalah keinginan yang lebih besar dibandingkan hadiah yang akan diberikan oleh penjajah.
Mahasiswa adalah salah satu elemen dari pemuda. Dari dulu, mahasiswa terkenal dengan agent of change. Gerakannya dapat merubah masa depan dan melenyapkan tirani kekuasaan. Tetapi, realita yang terjadi saat ini adalah tidak banyak mahasiswa yang seakan tak mau berjuang membela rakyat. Menyambut Sumpah Pemuda, apa yang mereka lakukan? Untuk sekadar mengikuti upacara peringatannya saja, kebanyakan enggan dan lebih memilih mudik.
Padahal Sumpah Pemuda merupakan momentum yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.  Sumpah Pemuda adalah ikrar kesatuan dan persatuan. Dimana perbedaan menjadi satu kesatuan bangsa Indonesia. Keanekaragaman bukanlah penghalang persatuan, bukanlah alasan untuk bercerai berai. Tapi merupakan kekuatan besar memajukan Negara yang maju dan cinta tanah air. Jika dulu bangsa Indonesia dapat melahirkan semangat persatuan dan kesatuan, tentunya sebagai mahasiswa yang menjadi pejuang hak- hak rakyat dapat berbuat lebih dari para pendahulu yang telah menorehkan sejarah kebangsaan dalam wujud Sumpah Pemuda. Mari sadarkan mereka yang masih tertidur, untuk bersama mewujudkan Negara yang kita cintai sebagai Negara yang makmur. Memperkokoh ikatan antar bangsa, agar tetap bertahan tegak dalam arus globalisasi dan tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Mengukir prestasi disegala bidang, menjadi teladan bagi siswa- siswa, karena kita adalah Mahasiswa.
Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Ai Nurlaela Sari

0 komentar:

Posting Komentar