RadarURL Kunjungan Silaturahmi BEM Ke Dinsos Kota Tasikmalaya ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Sabtu, 06 Oktober 2012

Kunjungan Silaturahmi BEM Ke Dinsos Kota Tasikmalaya




Pada hari Jumat tanggal 5 Oktober 2012 BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya telah mengadakan kunjungan ke Dinas Sosial, Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya. Kunjungan ini diprogramkan oleh Kementerian Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) dalam rangka menjalin silaturahmi serta menggali ilmu dan informasi mengenai kondisi sosial masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tasikmalaya saat ini. Adapun delegasi dari Kementiran P2M sendiri oleh Ima Rismayanti dengan didampingi oleh Wakil Presiden BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya (Ilham Mauluddin), Mentri Koordinator IKPM (Yanti Pitriyani), delegasi Kementrian Kominfo (Aprilia Fajar Qaidah dan Lusi Septiani) serta delegasi dari Kementerian Hubungan Sosial (Paramudita Nafisa). 
BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya bertemu dan berbincang-bincang dengan Kepala Dinas Sosial, Transmigrasi dan Ketenagakerjaan, Kepala Bidang Transmigrasi, Kepala Bidang Sosial Kemasyarakatan, dan Kepala Bidang Ketenagakerjaan.


Perbincangan dengan Kepala Bidang Sosial Kemasyarakatan lebih banyak dan ditekankan karena berkaitan dengan tujuan diadakannya kunjungan ini. Kepala Bidang Sosial Kemasyarakatan memaparkan bahwa Dinas Sosial khususnya di bidang sosial kemasyarakatan tidak memiliki banyak agenda kegiatan khusus seperti EO karena dominan merupakan kegiatan insidental. Program kerja secara umum dari Bidang Sosial Kemasyarakatan ini meliputi empat aspek yaitu Pemberdayaan, Rehabilitasi, Jaminan dan Perlindungan.
Salah satu fungsi Dinas Sosial di bidang sosial kemasyarakatan yaitu menindaklanjuti kasus sosial yang didapatkan oleh aparat penertiban. Salah satu kasus sosial yang sering dan marak terjadi adalah kasus anak. Dalam penanganan kasus tersebut, Dinas Sosial banyak berhubungan dengan panti dan non-panti sebagai tempat rehabilitasi. Panti yang dimitrai meliputi panti milik negara ataupun swasta. Kemudian non-panti, yakni di pihak perorangan atau keluarga yang bersedia menampung anak yang bersangkutan. Sistem pelayanan untuk panti milik negara tentu sepenuhnya ditanggung oleh negara, sedangkan untuk panti swasta ditanggung oleh kedua belah pihak yakni negara dan swasta. Ada pula non-panti ditanggung oleh negara, namun pelayanan negara tersebut disalurkan melalui keluarga atau orang yang menampung anak yang bersangkutan. 

Sebenarnya Bidang Sosial Kemasyarakatan ini membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya yang membutuhkan bantuan mereka yang berkaitan dengan bantuan sosial dan tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Namun sebagian masyarakat masih ada yang belum mengetahui mengenai hal tersebut. Maka dari itu pihak Bidang Sosial Kemasyarakatan melakukan sosialisasi ke beberapa tempat secara terintegrasi dengan kegiatan masyarakat seperti pada kegiatan pengajian. Namun, kegiatan sosialisasi atau penyuluhan pada masyarakat ini belum bisa terlaksanakan secara optimal karena belum terprogramnya kegiatan tersebut secara mandiri.
Setelah mengadakan kegiatan kunjungan tersebut, banyak ilmu yang bisa kita dapatkan. Mudah-mudahan ajang silaturahmi seperti ini bisa berlanjut ke tataran pemerintahan yang lainnya. Kunjungan kali ini dapat memberikan manfaat yang bisa dijadikan bekal bagi Pengurus BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya agar dapat terus berkarya dengan lebih baik lagi. (Tim Penulis Kominfo)
Untuk Suatu Perubahan, Kami Siap Melayani!!

0 komentar:

Posting Komentar