RadarURL Pemuda is Pemuda ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Senin, 15 Oktober 2012

Pemuda is Pemuda


Pe- mu- da…
Saat  kata yang terdiri dari 3 suku kata itu memasuki ronggga memory, apakah yang langsung terbayang? Dari hasil wawancara singkat pada sebagian orang ternyata jawabannya relative berbeda,  namun ada pula  yang menjawab persis sama.
Pemuda, “ 20- 25 tahun, tapi relative sih… tapi denger kata pemuda jadi inget Soekarno” ; “pemuda sama dengan boyband” ; “ kalo diranah pendidikan, pemuda itu mahasiswa. Tapi, jika di masyarakat pemuda itu anak-anak muda yang suka nongkrong dipinggir jalan, trus suit suit godain cewek yang lewat pake motor, titin.. titin… itulah slogan godaan mereka” ; “ pemuda itu mahasiswa” dan “pemuda itu perubahan” . Dua jawaban terakhir itu merupakan jawaban sama yang dilontarkan beberapa orang,  diantara banyaknya perbedaan bayangan akan kata pemuda.  Pemuda, manusia muda bukan anak- anak atau orang tua.
Pemuda, semangat adalah salah satu hal yang terlintas ketika kata itu terngiang. Betapa semangat yang mereka – pemuda- miliki itu layaknya kobaran api yang kunjung meletup- letup. Baranya seakan ingin meraup langit dan mengubah si biru menjadi atap merah. Sudah seharusnya bilang “ WOooowW” … atau mau koproll? Boleh. Itulah realita, toh tak berlebihan mengkonotasikan semangat mereka seperti itu. Coba search dengan keyword pemuda dalam google Indonesia, simpulan pemuda akan setitik memunculkan akan  cahaya semangat.
Labil, sebenarnya apa itu ‘LABIL’ ? lalu siapakan pelaku ke- labil- an? Setelah berselancar di alam nyi Google dengan keyword labil, langsung bermunculan judul- judul yang membahas kata itu. Salah satu judul yang membahas lengkap mencakup   pengertian, ciri- ciri, factor penyebab dan cara mengatasi labil adalah APA ITU LABIL persis dengan huruf caps lock ^^. Masih banyak judul- judul lain yang mengkaji kata labil, dan simpulannya pemuda adalah peran utama ke- labil- an.
Kesatuan, amazing.. ^^! You know what? Rumusannya adalah P     K= A, keterangannya
 P= Pemuda
 K= Kesatuan
 A= Amazing
Saat pemuda melakukan dalam kesatuan( bersatu) betapa hal luar biasalah yang akan terjadi. Tanpa melihal sebab akibat dan tujuan mereka, hasilnya tetap A. banyak sekali hasil dari kesatuan pemuda. Namun hal dominan yang tersorot- dari luar- adalah hal- hal negatifnya.
Pemuda, bisa! Iklan? Ya…  apapun yang bisa dilakukan pemuda. Berorganisasi, membentuk komunitas, berkarya, meraih prestasi, pun hal- hal yang biasa dilakukan anak- anak atau orang tua. Pemuda tidak ada dipilihan antara anak- anak ataupun orang tua. Pemuda melakukan hal yang mereka lakukan  sebagai pemuda dengan cara yang pemuda.
Pemuda, hwaiting ^^!

Ima Rismayanti
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS TASIKMALAYA
Kamis, 11 Oktober 2012

0 komentar:

Posting Komentar