RadarURL REALITA VS IDEAL ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Kamis, 04 Oktober 2012

REALITA VS IDEAL


ABSTRAK
            Realita dan Ideal seorang PEMUDA sangatlah tidak bisa dipisahkan. Realita bisanya adalah kebalikan atau lawan dari Ideal, apapun yang diinginkan masyarakat maka pemuda bisa menjawabnya baik dengan ke-Idealan mereka ataupun ke-egoisan mereka. PEMUDA yang Ideal adalah mereka yang bisa mengamalkan isi dari Sumpah Pemuda yang dirancang dengan baik pada masa itu. Sumpah Pemuda adalah masa dimana para PEMUDA menitik kareer dan mencapai pada masa kejayaannya. Janganlah kita sia-siakan pengorbanan mereka dengan cara berbuat seenaknya dan sembarangan. Hidup ini hanyalah sebentar dan hanya satu kali maka manfaatkanlah kehidupan ini seperti besok kita akan meninggalkan kehidupan ini.
Kata Kunci : pemuda, realita, ideal

PEMBAHASAN

PEMUDA identik dengan tawuran.
PEMUDA adalah orang yang suka ribut.
PEMUDA adalah orang yang selalu ingin menang sendiri.
PEMUDA identik dengan propokator.

Mungkin itu yang ada dibenak masyarakat sekarang tentang PEMUDA, namun apakah seperti itu PEMUDA. REALITAS yang ada sekarang memang seperti itulah yang dilakukan para PEMUDA. Mereka hanya ingin bersenang-senang dan menghabiskan hidup mereka
dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Mereka hidup hanya untuk menghabiskan sisa hidup mereka bukan untuk memanfaatkan sisa hidup mereka. PEMUDA identik dengan boros, arogan dan sombong.
Apakah anda bangga menjadi seorang PEMUDA, seharusnya kita semua bangga menyandang GELAR PEMUDA INDONESIA. PEMUDA identik sebagai sosok individu yang produktif dan memiliki karakter yang khusus dan spesifik yaitu sebagai seorang revolusioner atau perubah. PEMUDA memiliki jiwa optimis yang kuat, selalau berfikir ke masa depan dan memiliki moralitas yang kuat. Namun dari kesempuranaan itu ada kelemahan para PEMUDA diantaranya emosional yang tinggi, sok pintar dan tidak mau diatur.
PEMUDA sebenarnya adalah generasi penerus masa depan, pemimpin masa depan, itulah idealnya seorang PEMUDA. Dahulu PEMUDA sangat berperan penting dalam  memerdekakan INDONESIA. Bukan hanya dengan sejarah itu saja PEMUDA di banggakan namun dalam Al-Qur’an juga PEMUDA sudah di sebut-sebut seperti yang tercantum dalam QS Al-anbiya ayat 59-60 :
“Mereka berkata: ‘Siapakah yang (berani) melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami? Se­sungguhnya dia termasuk orang orang yang zalim, Mereka berkata: ‘Kami dengar ada seorang pemuda yang (berani) mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim.” (QS.Al­-Anbiya, 21:59-60).
                Selain dalam Al-Qur’an dalam kongres pemuda juga sudah di rumuskan tentang Pemuda itu sendiri, berikut adalah rumusan yang dihasilkan dalam kongres Pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 ;
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
            Seperti inilah IDEAL-nya seorang PEMUDA INDONESIA, ketika kita semua dapat melakukan semua itu maka akan jayalah dunia ini dengan para PEMUDA. Sebuah hadist menyebutkan bahwa ; “PEMUDA MASA KINI ADALAH PEMIMPIN DI MASA DEPAN”. Sangat menarik jika kita terus mempermasalahkan REALITA yang ada dengan IDEAL-nya Pemuda yang kita inginkan. Permasalahan ini tidak akan selesai karena inilah yang ada di hadapan kita. Maka untuk itu masa depan kita akan ditentukan oleh langkah kaki kita, apakah ingin menjadi Pemuda REALITA atau menjadi Pemuda yang IDEAL.

HIDUP INI HANYA SATU KALI,
 MAKA BERBUAT BAIKLAH SELAGI BISA MENGHIRUP UDARA PAGI



SGM (SUKSES GENERASI MUDA)
Aang “CEPOT” Hermawan

0 komentar:

Posting Komentar