RadarURL SUMPAH PEMUDA DAN PEMUDA BERSUMPAH ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Kamis, 18 Oktober 2012

SUMPAH PEMUDA DAN PEMUDA BERSUMPAH


SOEMPAH PEMOEDA
“Kami poetra poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satu, tanah air Indonesia
Kami poetra poetri Indonesia, mengakoe berbangsa yang satoe, bangsa Indonesia
Kami poetra poetri Indonesia menjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”
Apa yang pertama kali terbersit dalam fikiran ketika membaca atau mendengar alunan sumpah para pemuda demi terciptanya suatu kedamaian dan cita dalam kemerdekaan?
Tentu yang pertama kali tersimpul dalam benak ialah generasi muda bahkan bisa saja ketika ucap itu mengalir dalam relung yang terbayang ialah harmonisasi yang bergejolak mengenai insan intelektual, insan intelektual dengan harapannya mampu menggugah suatu gerakan secara dinamis sehingga masa yang jauh lebih cerdas dan bermanfaat.
Berbicara mengenai pemuda dan pergerakannya itu sederhana, sesederhana burung yang berkicau pada pagi hari untuk menunjukkan kecantikannya pada sang fajar dan fajar yang mencurahkan segenap cahayanya untuk memikat sang burung agar mempersembahkan nyanyian untuknya. Begitupun pemuda dan pergerakannya. Pergerakan akan indah ketika para pemuda tanggung ada di dalamnya dan pemuda akan tangguh ketika pergerakan selalu dijunjungnya. Sungguh pada hakikatnya pemuda dan pergerakannya ialah 2 rasa yang tidak mampu memisahkan diri satu sama lain.
Pada masa yang seperti ini, dibutuhkan mendesak agen perubahan dalam sebuah masa pergerakan. Agen yang nantinya akan menjadikan Indonesia kelak menjadi negara yang tidak hanya maju namun bisa dipertimbangkan daya saingnya. Dirunut dari kebutuhannya, agen yang seperti itu layaknya bukan para generasi tua namun jelas agen itu baiknya ialah generasi muda yang dengan kemampuannya akan mengoptimalkan segala pergerakan yang ada demi kemasyalahatan rakyat, rakyat yang rindu akan kesejahteraan, rakyat yang rindu akan pengorbanan hakiki para generasi-generai ilmiah disepanjang masa, rakyat yang rindu akan pemimpin dengan komitmen membangun pergerakan menuju perubahan yang lebih positif. Maka jelaslah kawan, SUMPAH PEMUDA adalah awal pergerakan generasi muda menuju masa dimana para PEMUDA BERSUMPAH dalam dirinya untuk memberikan mengabdikan dirinya melalui pergerakan rill demi Indonesia MERDEKA secara hakiki.
Anis Nurjannah

0 komentar:

Posting Komentar