RadarURL Kobarkan Semangat Kepemudaan ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Sabtu, 20 Oktober 2012

Kobarkan Semangat Kepemudaan


Pada awal abad ke-21, permasalahan di negeri ini semakin kompleks saja apabila dibandingkan dengan masa – masa sebelumnya. Korupsi kolusi dan Nepotisme, keserakahan, kapitalisme, dan lunturnya harga diri bangsa sudah menjadi hal yang dianggap biasa terjadi di negeri ini. Disadari ataupun tidak, permasalahan itu yang menyebabkan kerugian terbesar dan penyebab semakin rendahnya mental bangsa Indonesia.

Hal ini akan berujung pada pendidikan rendah, sumber daya manusia yang lemah, bahkan kondisi alam Indonesia yang semakin hari semakin memburuk, bencana dimana – mana, banjir, tanah longsong. Tsunami, dan lain-lain. Dan masih banyak lagi permasalah – permasalahan yang terjadi di negeri kita tercinta.
Lantas sudah sajauh mana serta kita sebagai generasi muda untuk Indonesia? Sudahkah kita menjadi sosok yang menginspirasi dan berkonrtibusi untuk negara ini? Jawabannya tentu saja ada dalam benak hati masing – masing.
Ada sumber yang mengatakan bahwa dalam kondisi bangsa iwa kita saat ini peran mahasiswa samakin melemah. Memang hal itu  benar adanya, namun tak lantas mahasiswa atau bahkan mereka para orang tua yang masih memiliki jiwa kepemudaan semuanya tidak mampu menjadi sumber inspirasi dan ikut berkontribusi. Secara keseluruhan pemuda Indonesia dituntut mampu bermentamorfosa menjadi penerus tombak estafet pembangunan negara, dengan intelegensinya diharapkan bisa mendobrak pilar – pilar kehampaan satu negara untuk mencari kesempurnaan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta jika dilihat dari sudut pandang morilnya dituntut tanggung jawab secara akademik untuk menghasilkan karya – karya yang berguna bagi kehidupan lingkungan, menciptakan inovasi besar untuk kemajuan bangsa ini.
Mahasiswa yang tentulah memiliki jiwa kemudaan yang sangat luar biasa adalah pemuda yang menjadi salah satu harapan satu bangsa agar bisa berubah ke arah yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya mahasiswa memiliki fungsi utama sebagai pelaku utama agent of change.
Terkait dengan perubahan, Alloh SWT telah berfirman dalam surat Ar-Ra’d ayat 11, dimana dijelaskan bahwa suatu kaum akan berubah bila mereka menginginkan sesuatu keadaan yang lebih baik. Lalu berdasarkan hadis yang menyebutkan bahwa orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung, sedangkan orang yang hari
ini tidak lebih baik dari kemarin adalah orang yang merugi. Oleh karena itu betapa pentingnya arti sebuah perubahan yang harus kita lakukan.
Sumpah pemuda, 28 Oktober yang lalu merupakan sebuah ajang membangkitkan kembali semangat kepemudaan yang akan semakin meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang semakin hari dirasa semakin memudar. Apa bila kita liat kilas balik perjuangan para pemuda Indonesia yang ikut andil dalam memperjuangkan kemedekaan bangsa ini, ikut andil dalam mempersatukan para pemuda seluruh Indonesia di dalam kebinekaan negara kita. Tak lantaskah hati kita terenyuh akan hal itu? Terkadang pada hakikatnya manusia tidak ada yang sempurna, namun tak ada pula kesempurnaan tanpa ada suatu proses memperjuangkan kearah kesempurnaan.

Adinda Khoerunnisa 

0 komentar:

Posting Komentar