RadarURL MUMPUNG JADI MAHASISWA !!! ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Senin, 30 Juli 2012

MUMPUNG JADI MAHASISWA !!!


     Mahasiswa adalah pekerjaan yang amat mulia. Karenanya, perubahan-perubahan dan pemikiran-pemikiran besar lahir.”

Cobalah rogoh dompetmu! Dan ambil sebuah kartu identitas dirimu. Disana tertulis dengan sangat jelas bahwa “Pekerjaan : Pelajar/ Mahasiswa” . Namun, apakah kita mengetahui esensi dari kalimat itu ?
Ketika disinggung menjadi pekerjaan, tentulah kiranya kita berbicara mengenai produk apa yang diciptakan atau dibuat dari pekerjaan tersebut. Berbicara mahasiswa, kita mengenal bahwa fungsi mahasiswa seharusnya bukanlah hanya fokus ke dalam bidang akademis saja, di luar itu ia menjadi seorang agent of change sebagai bagian dari perubahan, menjadi seorang social control dimana dengan idealisme-nya ia hadir sebagai stabilisator pemerintahan, dan menjadi seorang iron stock dimana ia adalah generasi berharga yang disiapkan untuk masa depan. Setidaknya, kita dapat melihat bahwa ada tiga ‘tanggung jawab’ yang disandang oleh sebuah pekerjaan bernama ‘mahasiswa’. Pertanyaannya, apakah kita telah memenuhi, minimal satu saja dari tanggungjawab itu?
            Mahasiswa adalah profesi yang mulia. Dengannya aspirasi rakyat dapat diperjuangkan dengan independen. Tentang jangka waktu, hanya empat tahun kita mengalami hal ini. Dan selanjutnya, tidak akan pernah terulang dan sejarah telah menutup bukunya bagi mereka yang tidak berkarya dalam masa empat tahun ini. Aktif dalam organisasi, menghidupkan diskusi, mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah adalah beberapa hal yang harus dioptimalkan oleh seorang mahasiswa sehingga seharusnya kata kupu-kupu (Kuliah pulang- kuliah pulang) menjadi kata yang sangat alergi untuk mahasiswa.
            Sebenarnya mahasiswa adalah sebuah pekerjaan. Bukan hanya pekerjaan fisik, tetapi juga pekerjaan hati. Sehingga, saya mengajak untuk kita bertanya kepada diri kita apakah kita memenuhi tanggungjawab kita ? Marilah kita renungkan jangan sampai kita menjadi seorang pengangguran yang benar-benar bingung dengan arah tujuan kita.
            MUMPUNG JADI MAHASISWA, menjadi GURU SEKOLAH DASAR ITU PASTI, tapi SUKSES DI BIDANG LAIN YANG MENUNJANG MASA DEPAN ITU ADALAH PILIHAN. PILIHAN YANG DITENTUKAN SAAT INI, dan DIPANEN DI KEMUDIAN HARI. HANYA EMPAT TAHUN WAKTU KITA UNTUK MENUAI, selanjutnya KITA HANYA TINGGAL MEMANEN HASILNYA.
            MUMPUNG JADI MAHASISWA, kita BERLATIH DALAM LINGKUNGAN ORGANISASI DI SINI, sebelum KITA TERJUN SECARA LANGSUNG dan DILIHAT SECARA TERPANDANG DI MASYARAKAT. MENJADI AKTIVIS TIDAKLAH SULIT, DISANA KITA MEMANEN BENIH-BENIH KEDEWASAAN YANG DISEMAI DENGAN RAPI.

Muhammad Rijal Wahid Muharram
Presiden BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya

0 komentar:

Posting Komentar