RadarURL PAHLAWAN MASA KINI ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Sabtu, 10 November 2012

PAHLAWAN MASA KINI


Indonesia adalah negeri yang memiliki banyak pahlawan. Setiap daerah memiliki kisah masing-masing mengenai perjuangan kepahlawanannya. Kata Pahlawan memiliki makna yang indah dan luhur. Pahlawan bisa sebagai motivator dan inspirator dari suatu bangsa, rakyat dan negara. Pahlawan berasal dari kata “Pahala” yang berarti buah atau hasil, dan “wan” yang berarti orang. Jadi pahlawan adalah orang yang membuahkan hasil yang baik, atau orang yang telah menyumbangkan perbuatan yang baik kepada bangsa dan negara, atau orang yang telah memberikan kebaikan kepada orang lain dan berjasa pada bangsa dan negara.

Seiring dengan perkembangan zaman pemikiran  manusiapun berkembang. Para pahlawan dalam kehidupanpun terus bermunculan, tidak lagi hanya sebatas pahlawan nasional yang gugur di medan perang saja, tetapi adanya “Pahlawan Masa Kini”.  Sejak awal kehidupan, kita sudah diperkenalkan tentang makna pahlawan itu sendiri. Di sekolah, kita mulai berkenaan dengan sosok guru “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”, dalam hal mengajar dan membimbing anak didiknya mereka sejatinya tidak meminta imbalan apapun. Pada saat ini, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan itu masih sangat relevan dan menjadi keharusan untuk tetap bisa ditransformasikan dari generasi ke generasi. Saat ini semangat  pahlawan tetap diabadikan dalam semangat pergerakan para pemudanya. Atmosfer kalangan pemuda saat ini, tergambar dengan semangat mahasiswa yang dengan lantang meneriakan idealismenya untuk membangun bangsa. Begitupula dengan mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya, tepat dihari penuh semangat ini BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya dengan Ormawa lainnya bahu-membahu mengadakan sebuah event “Latihan Kepemimpinan Siswa 2012” yang outputnya adalah membentuk mahasiswa yang mampu mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik (agent of change).  Latihan Kepemimpinan Mahasiswa 2012 ini sebagai perwujudan generasi terdahulu yang menularkan semangat kepada generasi sekarang.Generasi sekarang hendaknya mampu meneladani hal-hal baik serta menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan generasi terdahulu.
Marilah kita jadikan momentum Hari Pahlawan 10 november ini sebagai acuan untuk tidak hanya memperingati jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan  kemerdekaan, tapi juga sebagai momentum untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri. Semoga kita termasuk pahlawan yang sesungguhnya, yaitu pahlawan yang mampu memberikan kontribusi untuk bangsa.

Merakel/prokar/PHBN

0 komentar:

Posting Komentar