RadarURL Melestarikan Kesenian Tradisional Lewat Televisi Lokal ~ BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Sabtu, 03 November 2012

Melestarikan Kesenian Tradisional Lewat Televisi Lokal


Tasikmalaya, 3 November 2012
Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya tampil di stasiun televisi lokal Radar TV Tasikmalaya. Mereka adalah Asep Yuyun, Winni Citra Lestari, Fauziyah Nurul Hamidah, Annisa Apriliani, dan Putri Ayu Mentari. Mereka menampilkan sebuah kesenian tradisional Jawa barat yaitu tari jaipong. Mengapa mereka menampilkan tari jaipong?
“Karena tari jaipong merupakan kesenian tradisional yang harus dilestarikan supaya tidak hilang dan tergantikan oleh tari-tari modern yang sedang trend pada saat ini. Selain itu, sebagai calon guru SD kita juga harus bisa kesenian-kesenian tradisional supaya dapat mengajarkan kesenian tersebut kepada siswa,” tutur Asep Yuyun ketika diwawancara.
Di zaman sekarang ini, tidak sedikit generasi muda yang lebih menyukai dan mendalami budaya luar tanpa menyeimbangkan penguasaan dengan budaya dan kesenian tradisional bangsa Indonesia sendiri. Namun, bijaknya mereka yang lebih tertarik dan berusaha untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia. Karena jika bukan mereka, siapa lagi yang akan melestarikan budaya bangsa Indonesia?
Salah satu cara untuk melestarikan budaya tradisional bangsa Indonesia yaitu dengan mengenali, mencintai, mempelajari, dan mendalami budaya tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Asep Yuyun cs. yang berlatih tari jaipong secara rutin setiap hari Senin dan Rabu. Selain itu, mereka juga mengikuti beberapa kompetisi. Salah satunya, mereka mengikuti seleksi atlet TCA di UPI Kampus Tasikmalaya. Dua orang di antara mereka berhasil lolos menjadi atlet seleksi TCA yang akan diselenggarakan di Purwakarta beberapa bulan yang akan datang sebagai delegasi dari UPI Kampus Tasikmalaya.
Temukanlah jati dirimu dan kembangkan! Biarkanlah itu menghasilkan sesuatu yang bermakna dan bermanfaat bagi orang di sekelilingmu, terutama bagi dirimu sendiri.

KOMINFO BEM REMA UPI KAMPUS TASIKMALAYA

0 komentar:

Posting Komentar